Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat
SHARE :

MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA AUDIOVISUAL: INOVASI MENULIS TEKS BIOGRAFI

20
02/2025
Kategori :
Terbit : 20 February 2025
Author : LPPM UHN


MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA AUDIOVISUAL: INOVASI MENULIS TEKS BIOGRAFI

Rp. 60.000;-

ukuran buku       :  15,5 cm × 23 cm

Bahasa                 : Indonesia

Download Pdf MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA AUDIOVISUAL: INOVASI MENULIS TEKS BIOGRAFI

Buku ini membahas secara mendalam mengenai keterampilan menulis, dengan fokus khusus pada pembelajaran menulis teks biografi di sekolah. Pembahasan dimulai dengan urgensi keterampilan menulis dalam pendidikan, tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran menulis teks biografi, serta solusi yang ditawarkan melalui pendekatan Problem Based Learning (PBL). Dalam bab pertama, pembaca akan dibimbing untuk memahami betapa pentingnya keterampilan menulis, tantangan yang ada, dan bagaimana PBL dapat menjadi solusi efektif dalam mengatasi hambatan tersebut. Bab kedua mengupas tentang berbagai model pembelajaran, dengan penekanan pada pengertian dan karakteristik PBL sebagai model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis. Pembaca akan diberikan pemahaman tentang perbedaan antara model, strategi, metode, dan teknik pembelajaran, serta prinsip dasar PBL yang relevan dengan konteks menulis. Bab ketiga berfokus pada penggunaan media dan audiovisual dalam pembelajaran bahasa dan sastra, serta penerapan media tersebut dalam pembelajaran menulis teks biografi. Penggunaan video, film biografi, dan podcast akan dijelaskan secara rinci sebagai alat bantu untuk memperkaya proses belajar menulis. Buku ini juga menggali bagaimana integrasi media audiovisual dalam model PBL dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Bab keempat membahas inovasi dalam pendidikan, dengan menyoroti PBL dan media audiovisual sebagai inovasi pembelajaran dalam menulis biografi. Beberapa studi kasus implementasi inovasi ini akan dikupas untuk memberikan gambaran konkret mengenai aplikasi model pembelajaran ini dalam kelas. Bab kelima membahas lebih detail tentang keterampilan menulis teks biografi, dengan menguraikan hakikat, struktur, dan kaidah kebahasaan yang membangun teks biografi yang efektif. Teknik-teknik dalam menulis biografi menggunakan PBL dan media audiovisual akan dijelaskan, serta evaluasi dan refleksi dalam pembelajaran keterampilan menulis.  Terakhir, bab keenam menawarkan implementasi praktis dari model Problem Based Learning berbantuan media audiovisual dalam menulis teks biografi, memberikan panduan yang jelas untuk mengintegrasikan teori dan praktik dalam kelas. Secara keseluruhan, buku ini adalah panduan komprehensif yang cocok untuk pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran menulis, khususnya dalam menulis teks biografi dengan pendekatan inovatif.

Galeri Lainnya

20
02/2025
BIOKIMIA PENCERNAAN
Author : LPPM UHN
12
02/2025
PEMANFAATAN LIMBAH PETERNAKAN
Author : LPPM UHN
8
02/2025
ILMU REPRODUKSI TERNAK
Author : LPPM UHN
23
01/2025
BIOLOGI
Author : LPPM UHN